Sabtu, 18 Juni 2016

Berikut Ini Adalah Deretan Pantai-Pantai Indah Di Sumba


LavaBookie - Orang Indonesia tentu sangat bangga dengan pantainya. Selain indah berkat berbagai perpaduan pasir putih, ombak tenang, langit biru dan sunset yang 'menyihir,' pantai di Indonesia juga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas ringan hingga ekstrem.

Tentu destinasi pantai tersebut tak hanya satu dua saja. Ada ribuan pantai di negara ini, yang garis pantainya merupakan salah satu yang terpanjang di dunia. Pesona masing-masing pun punya keunikan masing-masing yang ditawarkan. Bahkan, tiap daerah atau kota punya pantai masing-masing, lho.

Seperti layaknya di Sumba, sebuah kota di Nusa Tenggara Timur ini, punya pantai yang cukup banyak dan indah. Namun karena jarangnya ekspos terhadap pantai-pantai di Sumba, pantai-pantai di Sumba disebut sebagai "Surga yang tersembunyi" oleh para traveler dan pecinta pantai.

Berikut deretan pantai-pantai indah yang ada di Sumba.

1.Pantai Mandorak
Pantai Mandorak | lavabookie.blogspot.com
Jika mencari sebuah surga yang tersembunyi di daerah Nusa Tenggara Timur, mungkin destinasi yang paling tepat adalah pantai Mandorak. Pantai ini terletak di Desa Kalena Rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

Berbeda dengan beberapa pantai di sekitarnya yang cukup dikenal hingga mancanegara sebagai salah satu tempat berselancar terbaik di Indonesia, pantai Mandorak justru adalah pantai yang tenang dan memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Namun untuk mencapai 'surga' tentu tak ada jalan yang mudah. Dilansir dari Telusur Indonesia, untuk menuju kemari, membutuhkan waktu 30 menit dengan kendaraan roda dua ataupun empat, atau dengan jasa ojek. Tempat ini benar-benar tersembunyi sampai-sampai untuk mencapainya harus melalui berbagai rintangan yang tak mudah. Karena untuk mencapainya harus melewati jalan setapak kecil dan harus berhenti sejauh 1 kilometer dan menuju pantai dengan berjalan kaki.

ketika telah sampai, kita akan disuguhkan pemandangan indah pantai yang berada dibalik curamnya tebing, yang hanya memiliki celah selebar 3 meter saja yang merupakan jalannya air laut masuk ke pantai Mandorak.

Dengan air lautnya yang bening, pasir putih dan tebing batu karang yang indah, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan ekstrem seperti diving, dan juga terdapat sisi yang mumpuni untuk digunakan berselancar.

2.Pantai Nihiwatu
Pantai Nihiwatu | lavabookie.blogspot.com
Siapa sangka bahwa salah satu pantai terbaik di dunia, ada di negeri kita. Dari daftar "World's 100 best beaches" yang dibuat oleh CNN, terdapat Pantai Nihiwatu yang berada di Sumba Barat pada posisi ke 17, serta Pantai Derawan yang berada di urutan 63.

Jadi salah satu yang terbaik di Asia dan dunia, keindahan pantai Nihiwatu ternyata tak banyak diketahui banyak orang. Hal ini wajar karena jarak tempuh untuk mencapai lokasi yang cukup sulit dan juga panjang. Namun setelah mencapai semua itu, kita akan dimanjakan dengan pasir pantai yang putih dan keunggulan utama dari pantai ini: sunset yang sangat indah.

Pantai ini juga banyak mendatangkan peselancar dari seluruh dunia dengan ombaknya yang menantang. Menurut CNN, pantai Nihiwatu memiliki 'left-hand break' yang luar biasa, di mana para peselancar harus berbelok ke kiri untuk menangkap ombak, karena ombak yang datang mengarah ke kiri. Sebuah hal yang tentu ingin dicoba oleh para peselancar.

Pantai dengan suasana sepi dan nyaman ini terletak di 30 kilometer dari kota Waikakubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Saat ini, pantai ini dikelola oleh resort internasional bernama Resort Nihiwatu. Dan, ya, karena pantai ini dikelola oleh Resort asing, tentu kamu harus memesan sebuah kamar dulu jika ingin menikmati keindahan pantai ini. Karena untuk memasuki area pantai, terdapat penjagaan ketat.

3.Pantai Marosi
Pantai Marosi | lavabookie.blogspot.com
Di kalangan traveler, ternyata nama Pantai Marosi tak seberapa diketahui, terlebih lagi oleh masyarakat awam. Bahkan namanya masih kalah terkenal dengan Pantai Nihiwatu. Hal ini cukup ironis mengingat Pantai Nihiwatu yang mengharuskan kita bayar mahal, sementara pantai Marosi adalah Pantai yang tak dipungut biya apapun untuk mengeksplornya. Yang lebih menarik lagi, pantai ini tak pernah ramai dan tentu cocok untuk kamu yang ingin berleha-leha dengan hembusan semilir angin pantai.

Salah satu poin menarik dari Pantai Marosi adalah ombaknya yang cukup ganas untuk berselancar. hal ini membuat peselancar dari dalam maupun luar negeri merasa tertantang untuk menaklukkan ombak Marosi. Selain itu warna merah keemasan pantai dan laut ketika sunset, jadi daya tarik yang membuat pengunjung ingin berlama-lama di sini.

4.Pantai Bawana
Pantai Bawana | lavabookie.blogspot.com
Kita biasa mengenal pantai dengan Karang Bolong adalah di laguna Segara Anakan yang ada di Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur. Namun tempat tersebut bukanlah tempat wisata dan hanya diperuntukkan untuk penelitian, dan dilindungi oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam.

Namun di Indonesia ada lagi pantai dengan 'karang bolong' dan berada di kawasan timur Indonesia yang masih tersembunyi, yakni Pantai Bawana. Pantai yang berada di wilayah Kodi, Sumba Barat Daya ini, punya daya tarik sebuah batu karang raksasa yang berlubang besar di bagian tengahnya. Lubang tersebut berdiamter 5 meter, hingga dari kejauhan terlihat seperti pintu gerbang.

Uniknya, pantai ini masih terbilang baru. Sudah lama jadi pantai tanpa pengelola, penduduk setempat baru melaporkan keberadaan pantai ini di Pemda setempat pada tahun lalu. Semenjak saat itu, infrastruktur menuju ke pantai tersebut diperbaiki, dan pantai ini tak seberapa sulit dicapai.

0 komentar: