Rabu, 29 Juni 2016

Inilah 5 hal yang membuat kamu selalu terbangun setiap malam

lavabookie
LavaBookie - Anda sering terbangun di tengah malam? Hal itu terus berulang dan membuat Anda tidak nyaman? Jose Colon, MD, pendiri Paradise Sleep dan penulis The Sleep Diet, mengatakan bahwa terbangun di tengah malam itu normal dan merupakan bagian dari DNA manusia. Nah, ini lima alasan kenapa beberapa dari kita sering terbangun di tengah malam, seperti dilansir msn.com.

1. Ingin buang air kecil

Nocturia (hasrat buang air kecil di malam hari) menjadi salah satu penyebab Anda bangun di tengah malam. Bila Anda sering mengalaminya, para ahli menyarankan untuk minum air yang dicampur sedikit garam sekitar 30 menit sebelum tidur.

2. Suhu kamar yang terlalu panas

Suhu kamar yang terlalu panas bisa membuat Anda tidak bisa tidur lelap. Temperatur kamar antara 16-18 derajat Celcius sangat ideal untuk dipakai tidur dan bisa membuat Anda lebih cepat mengantuk.

3. Membuka media sosial

Jika Anda memiliki kebiasaan seperti membuka media sosial sebelum tidur, itu bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Paparan sinar ke mata yang terjadi saat malam bisa menghentikan tubuh untuk membuat melatonin, hormon tidur. Karena itu, matikan lampu kamar Anda sebelum tidur atau jika Anda ingin bermain dengan smartphone Anda, coba kurangi intensitas cahayanya.

4. Alkohol

Minum alkohol sebelum tidur bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Beberapa jam setelah minum alkohol, Anda mungkin merasa ngantuk, namun beberapa jam kemudian Anda akan merasakan ketidaknyamanan di perut Anda. Bila Anda ingin minum alkohol, minumlah beberapa jam sebelum tidur agar efeknya tidak terlalu keras.

5. Stres

Stres bisa menggangu tidur Anda. Dan untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba yoga atau teknik meditasi lainnya.

Inilah lima alasan kenapa Anda sering terbangun di tengah malam. Bila masalah itu mulai mengganggu Anda, tak ada salahnya untuk meminta saran dokter.

0 komentar: