Jumat, 24 Juni 2016

Berikut Ini Adalah 3 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Rasa Ngantuk

lavabookie.blogspot.com
LavaBookie - Masalah klasik yang selalu menghantui saat bekerja dalam keadaan berpuasa adalah produktivitas kerja yang menurun. Selain badan yang terasa lemas, konsentrasi juga mudah meleman dan mudah mengantuk. Jangan biarkan puasa menjadi alasan untuk bermalas-malasan di tempat kerja. Lakukan tips anti ngantuk berikut ini agar tetap prima di tempat kerja.

Waktu Istirahat yang Cukup

Berpuasa tidak hanya mengubah kebiasaan makan, tapi juga mempengaruhi jam tidur. Agar tubuh tetap segar dan tidak mudah loyo, sebisa mungkin penuhi kebutuhan istirahat sebanyak 8 jam tidur di malam hari. Walau harus bangun di dini hari untuk sahur, Anda bisa menyiasatinya dengan memajukan waktu tidur.

Lakukan beberapa cara untuk membuat tidur lebih berkualitas, misalnya mematikan peralatan elektronik, menata tempat tidur agar lebih nyaman, dan memasang lampu temaram yang membuat mata mudah terpejam. Jika dirasa tidur malam kurang mencukupi, Anda juga bisa mencuri waktu di siang hari dengan memejamkan mata selama minimal setengah jam. Niscaya, tubuh terasa segar dan pikiran pun kembali siap beraktivitas.

Luangkan Waktu Berolahraga

Banyak orang menghindari aktivitas fisik saat berpuasa, karena dianggap menghabiskan tenaga dan memicu risiko dehidrasi. Padahal, olahraga tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar tidak mudah loyo dan mengantuk. Pilih jenis olahraga yang ringan dan aman dilakukan selama bulan puasa, seperti berlari, bersepeda, yoga, atau berenang.

Pemilihan waktu olahraga pun juga mempengaruhi kondisi tubuhmu saat berpuasa. Lakukan satu jam sebelum atau sesudah berbuka puasa, sehingga tidak menyita terlalu banyak energi dan puasa pun tetap dapat dijalankan dengan lancar, hingga Hari Raya Lebaran.

Bikin Melek di Kantor

Untuk menjaga konsentrasi kerja tetap optimal, biasanya Anda menggunakan bantuan secangkir kopi dan camilan agar mata tetap melek dan terjaga. Berhubung memasuki bulan Ramadan, tentunya hal-hal tersebut ditinggalkan sementara waktu. Cari kegiatan lain yang bisa digunakan untuk membuat pikiran tetap aktif dan memompa semangat, misalnya dengan mendengarkan musik yang berirama upbeat, sehingga dapat mengusir kantuk yang menghampiri.

0 komentar: