Rabu, 15 Juni 2016

Inilah 7 Keindahan Alam Yang Tersimpan di Tanah Sumba


LavaBookie - Sumba adalah surganya pantai dan air terjun di Nusa Tenggara Timur. Bahkan selebriti kelas dunia macam Chris Hemsworth pun mengakui keindahannya. Pemeran Thor ini bahkan melangsungkan pernikahannya dengan sang istri di Pulau Sumba.

Di Pulau Sumba terdapat deretan pantai indah yang masih alami, belum tercemar oleh tangan-tangan jahil. Bagi yang ingin mencari ketenangan bersama alam, Sumba merupakan destinasi wisata yang layak dijadikan pilihan.

Lokasi indah mana saja yang patut dikunjungi di Sumba? Berikut ini kami tampilkan segelintir di antaranya. Namun sebenarnya pulau ini memiliki begitu banyak objek wisata menakjubkan. Tak cukup seminggu untuk mengunjungi semuanya.
Tak jauh dari Tambolaka, Sumba Barat Daya terdapat pantai berpasir putih dengan deretan batu karang yang menjulang megah. Itulah Pantai Mandorak yang terkenal karena keindahannya. Pantai ini cukup sepi pengunjung, jadi cocok untuk mencari inspirasi.

Danau Air Asin Weekuri

Danau Air Asin Weekuri | LavaBookie
Masih di Sumba Barat Daya, kali ini danau dengan asin yang memiliki air jernih berwarna kebiruan. Danau ni terbentuk dengan cara yang unik. Air laut mengalir melalui celah bebatuan dan terkumpul di kolam alami dari batu karang, membentuk danau biru jernih yang menakjubkan. 

Danau Weekuri ini sangat ideal untuk berenang atau sekadar berendam. Pemandangan di sekitarnya pun cukup menyejukkan mata, dengan tumbuhan hijau sejauh mata memandang.

Bukit Wairinding
Bukit Wirinding | LavaBookie
Film Pendekar Tongkat Emas yang rilis tahun 2014 lalu telah membuka mata kita semua tentang keindahan alam Sumba. Salah satu lokasi keren yang muncul dalam film itu adalah Bukit Wairinding yang ada di Desa Pambota Jara, Sumba Timur. Bukit sabana berselimut rumput hijau dan angin semilir yang sejuk menyentuh kulit adalah daya tarik utama tempat ini.

Gua Air Waikelo Sawah
Gua Air Waikelo Sawah | LavaBookie
Terpesona dengan keindahan Blue Grotto yang memancarkan aura misterius? Tak perlu jauh-jauh ke Italia, Indonesia juga punya gua air alami yang tak kalah indahnya. Di Sumba terdapat Gua Waikelo Sawah yang juga memiliki air kebiruan. Gua ini dialiri sungai bawah tanah yang permai. Dinding gua dihiasi stalaktit yang dipahat oleh alam selama ratusan tahun.

Desa Adat Rende
Desa Adat Rende | LavaBookie
Desa Rende yang berada tak jauh dari Waingapu merupakan tujuan wisata wajib bagi turis lokal maupun mancanegara. Pasalnya desa ini menyuguhkan unsur-unsur budaya tradisional yang masih kental. Tak hanya rumah-rumah adat peninggalan masa lalu, di sini terdapat deretan kubur batu yang ditempatkan di depan rumah.

Masyarakat di sana pun selalu menyambut tamu asing dengan keramahan. Sajian kuliner khas warga setempat juga patut dicoba, khususnya bagi mereka yang ingin menjajal kuliner jadul khas Sumba.

Pantai Nihiwatu
Pantai Nihiwatu | LavaBookie
Inilah pantai yang berhasil mengangkat nama Sumba di mata dunia internasional. Nihiwatu disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik di Asia. Wisatawan asing biasanya menikmati keindahan Nihiwatu dengan berselancar. Debur ombak di sana memang ideal untuk olahraga ekstrem yang satu ini.

Air Terjun Laputi
Air Terjun Laputi | LavaBookie
Kalau Laos punya air terjun bertingkat Luang Prabang, Sumba boleh bangga dengan air terjun Laputi yang menampilkan keindahan serupa. Objek wisata alam ini terletak di Desa Praingkareha, Sumba timur. 

Air terjun Laputi mengalir melalui bebatuan bertingkat yang membentuk terasering alam. Di puncaknya terdapat sebuah danau indah. Di sana hidup belut keramat yang pantang diganggu. Menurut kepercayaan warga, siapapun yang menangkap atau memakan belut itu akan menemui ajal.

0 komentar: